Blog

KEBIASAAN BURUK ANAK YANG DAPAT MERUSAK GIGI

KEBIASAAN BURUK ANAK YANG DAPAT MERUSAK GIGI

Kebiasaan buruk si buah hati yang tidak disadari dapat merusak pertumbuhan giginya.

Nursing bottle syndrome

Di jaman yang serba sibuk seperti sekarang, beberapa orang tua mungkin tergoda untuk mencoba berbagi macam cara untuk menidurkan anaknya dengan cepat. Salah satunya adalah menimang anak sambil memberikan susu botol hingga anak tertidur. Namun gula yang terkandung dalam susu dan dibiarkan semalaman dapat menyebabkan gigi-geligi anak menjadi rusak. Hal ini dinamakan nursing bottle syndrome. Bila ingin menidurkan anak, sebaiknya botol bayi hanya diisi dengan air putih dan hindari minuman yang mengandung gula termasuk susu.

Menggigit-gigit benda asing

Pada saat berkonsentrasi atau gugup, beberapa orang memiliki kebiasaan menggigit-gigit benda asing seperti pensil, pen, kuku, bibir, dan lain sebagainya. Biasanya kebiasaan ini berawal ketika usia dini dan sering terbawa hingga dewasa. Kebiasaan ini dapat menyebabkan retaknya gigi, membawa bakteri jahat ke dalam mulut, dan juga menyebabkan perubahan posisi gigi menjadi tidak rapih. Sebagai langkah awal untuk menghilangkan kebiasaan buruk ini, gantilah dengan mengunyah permen karet bebas gula.

Bernapas melalui mulut

Bernapas melalui mulut umumnya tidak menimbulkan keluhan, bahkan terkadang baru disadari setelah pemeriksaan dental. Penyebabnya dapat dikarenakan kebiasaan, atau juga dapat dipicu karena adanya masalah pada saluran pernapasan. Bernapas melalui mulut dapat menyebabkan infeksi gusi hingga pada kasus yang parah menyebabkan gangguan perkembangan wajah dan lengkung rahang. Untuk mengetahui penyebab pasti, periksakanlah ke dokter untuk penanganan lebih lanjut. Bila bernapas melalui mulut dikarenakan adanya gangguan pernapasan, dokter gigi akan merujuk kepada dokter THT terlebih dahulu. Setelah itu, dokter gigi akan memberikan alat bantu untuk menghentikan kebiasaan bernapas melalui mulut.

Mengempeng / dot, menghisap ibu jari dan atau bibir

Ketika sedang rewel, beberapa orang tua memberikan dot untuk menenangkan anaknya. Ketika anak sudah dianggap cukup besar, orang tua ingin menghilangkan kebiasaan mengempeng itu dan mengambilnya. Namun terkadang anak-anak mengganti kebiasaan tersebut dengan menghisap ibu jari atau bibirnya. Baik dot atau menghisap jempol maupun bibir dapat menyebabkan pertumbuhan geligi rahang atas cenderung lebih maju sehingga gigi anak menjadi tonggos. Bila anak anda memiliki kebiasaan ini, sebaiknya konsultasikan ke dokter gigi untuk perawatan lebih lanjut dan bila perlu diberi alat bantu untuk menghilangkan kebiasaan buruk tersebut.

 

(By: drg. Elysia Santini)

Picture by : shutterstock.com

Information

HAPPY DENTAL CLINIC terletak tersebar di 7 cabang yaitu One Belpark, Baywalk Mall, Green Pramuka Square, Puri Indah Mall, Mal Ciputra Jakarta, Mal Ciputra Cibubur, dan Transpark Mall Bintaro

Buka setiap hari :

Senin - Minggu : 10:00 WIB - 22:00 WIB

*Khusus untuk cabang One Belpark buka pukul 10:00 WIB - 21:00 WIB

WhatsApp-Button