Blog

KEBIASAAN ANAK YANG MEMBUAT GIGI BERLUBANG

KEBIASAAN ANAK YANG MEMBUAT GIGI BERLUBANG

KEBIASAAN ANAK YANG MENJADI PENYEBAB GIGI BERLUBANG

Hai Happy People, Pentingnya mengajarkan buah hati kita untuk menjaga kesehatan gigi harus dimulai sejak dini. Mengajarkan kebiasaan memang tidaklah mudah. Dan tahukah kamu ada beberapa kebiasaan buruk anak yang menjadi alasan penyebab gigi berlubang hingga kerusakan gigi lainnya?

 

1. MINUM SUSU MENJELANG TIDUR

Kebiasaan memberi susu menjelang buah hati kita tidur juga bisa menyebabkan kerusakan gigi mereka. Anak yang terbiasa tertidur setelah meminum susu atau bahkan dengan dot susu yang masih berada di mulut ketika tidur sangat berisiko tinggi mengalami gigi berlubang.

Hal ini disebabkan oleh gula yang terkandung dalam susu atau makanan lain menempel di gigi dan menjadi makanan bakteri Streptococcus mutans yang lama-kelamaan menyebabkan rusaknya lapisan demi lapisan gigi hingga menjadi lubang. Hentikan kebiasaan memberi susu menjelang tidur.
Jika terpaksa, bersihkan gigi anak dengan lap basah atau minta mereka berkumur dengan air putih jika mengantuk sesudah minum susu.

 

2. TIDAK MEMBIASAKAN SIKAT GIGI

Para orangtua juga kadang menyepelekan kebersihan gigi buah hatinya sehingga tidak membiasakan sikat gigi sedini mungkin. Bahkan banyak anak yang hingga usia balita masih tidak terbiasa menyikat gigi. Kapan bayi harus mulai dibiasakan menyikat gigi? Ketika giginya mulai tumbuh. Untuk gigi awal bayi yang baru tumbuh, Anda bisa membersihkannya hanya dengan menggunakan sikat gigi kecil berbulu halus dengan sedikit pasta gigi khusus bayi. Kandungan fluoride pada pasta gigi akan membantu memperkuat enamel pada gigi sehingga mampu menahan pembusukan. Namun, jika jumlahnya terlalu banyak maka fluoride bisa menumpuk dan membentuk lapisan putih pada gigi yang disebut fluorosis.

 

3. TIDAK MEMPERKENALKAN DOKTER GIGI SEJAK DINI

Banyak orang tua yang hanya membawa buah hati kesayangannya ke dokter gigi hanya saat si buah hati mengalami masalah pada giginya.

Padahal, memeriksakan gigi anak ke dokter sudah harus dilakukan sedini mungkin. Kapan anak harus dibawa ke dokter gigi untuk pertama kali?  

Anak-anak harus mulai mengunjungi dokter gigi pada ulang tahun pertama mereka, atau enam bulan sejak gigi pertama mereka muncul.


 

Picture by : shutterstock.com

Information

HAPPY DENTAL CLINIC terletak tersebar di 7 cabang yaitu One Belpark, Baywalk Mall, Green Pramuka Square, Puri Indah Mall, Mal Ciputra Jakarta, Mal Ciputra Cibubur, dan Transpark Mall Bintaro

Buka setiap hari :

Senin - Minggu : 10:00 WIB - 22:00 WIB

*Khusus untuk cabang One Belpark buka pukul 10:00 WIB - 21:00 WIB

WhatsApp-Button