fbpx

Blog

PENYEBAB GIGI ANAK TUMBUH BERJEJAL

PENYEBAB GIGI ANAK TUMBUH BERJEJAL

HAI MOMS ! BERIKUT PENYEBAB GIGI ANAK TUMBUH BERJEJAL !

Gigi Susu Lepas Sebelum Waktunya

Salah satu fungsi dari gigi susu yaitu menjaga ruang sampai gigi permanen siap untuk tumbuh. Bila gigi susu tanggal dini / lepas sebelum waktunya, maka terjadi penyempitan ruang untuk gigi permanen sehingga gigi permanen tumbuh tidak pada tempat yang seharusnya. Sebaiknya lakukan perawatan sejak dini agar terhindar dari kerusakan gigi.

 

Menggigit-gigit Benda Asing

Pada saat berkonsentrasi atau gugup, beberapa orang memiliki kebiasaan menggigit-gigit benda asing seperti pensil, pen, kuku, bibir, dan lain sebagainya. Biasanya kebiasaan ini berawal ketika usia dini dan sering terbawa hingga dewasa. Kebiasaan ini dapat menyebabkan retaknya gigi, membawa bakteri jahat ke dalam mulut, dan juga menyebabkan perubahan posisi gigi menjadi tidak rapih. Sebagai langkah awal untuk menghilangkan kebiasaan buruk ini, gantilah dengan mengunyah permen karet bebas gula.

 

Bernapas Melalui Mulut

Bernapas melalui mulut umumnya tidak menimbulkan keluhan, bahkan terkadang baru disadari setelah pemeriksaan dental. Penyebabnya dapat dikarenakan kebiasaan, atau juga dapat dipicu karena adanya masalah pada saluran pernapasan. Bernapas melalui mulut dapat menyebabkan infeksi gusi hingga pada kasus yang parah menyebabkan gangguan perkembangan wajah dan lengkung rahang. Untuk mengetahui penyebab pasti, periksakanlah ke dokter untuk penanganan lebih lanjut. Bila bernapas melalui mulut dikarenakan adanya gangguan pernapasan, dokter gigi akan merujuk kepada dokter THT terlebih dahulu. Setelah itu, dokter gigi akan memberikan alat bantu untuk menghentikan kebiasaan bernapas melalui mulut.

 

Mengempeng/dot, Menghisap Ibu Jari dan atau Bibir

Ketika sedang rewel, beberapa orang tua memberikan dot untuk menenangkan anaknya. Ketika anak sudah dianggap cukup besar, orang tua ingin menghilangkan kebiasaan mengempeng itu dan mengambilnya. Namun terkadang anak-anak mengganti kebiasaan tersebut dengan menghisap ibu jari atau bibirnya. Baik dot atau menghisap jempol maupun bibir dapat menyebabkan pertumbuhan geligi rahang atas cenderung lebih maju sehingga gigi anak menjadi tonggos. Bila anak anda memiliki kebiasaan ini, sebaiknya konsultasikan ke dokter gigi untuk perawatan lebih lanjut dan bila perlu diberi alat bantu untuk menghilangkan kebiasaan buruk tersebut.

Information

HAPPY DENTAL CLINIC memiliki 25 cabang yang tersebar di Jakarta, Tangerang, Cibubur, Bekasi, Bandung, Batam, Denpasar, Makassar.

Buka setiap hari :

Senin - Minggu : 10:00 WIB - 22:00 WIB

*Khusus untuk cabang One Belpark buka pukul 10:00 WIB - 21:00 WIB

WhatsApp-Button