fbpx

Blog

Cara Menghilangkan Karang Gigi Secara Alami

Cara Menghilangkan Karang Gigi Secara Alami

Karang gigi merupakan kumpulan dari plak atau bakteri yang mengeras. Plak adalah bakteri telah bercampur dengan air liur dan sisa-sisa makanan di dalam mulut. Karang gigi biasanya mengendap di perbatasan antara gigi dan gusi, serta banyak ditemukan di sela-sela gigi.

Karang gigi dapat berwarna kuning atau cokelat kehitaman. Bila diraba menggunakan lidah, teksturnya cenderung kasar. Jika dibiarkan tanpa perawatan, karang gigi akan menyebabkan berbagai masalah pada gigi, seperti infeksi gusi, bau mulut, gigi berlubang, dan kegoyangan gigi.

Karang gigi sejatinya hanya dapat dibersihkan dengan alat khusus oleh dokter gigi. Namun, adakah cara menghilangkan karang gigi secara alami ? Satu-satunya cara yang dapat dilakukan adalah dengan membersihkannya pada saat karang gigi masih lunak berbentuk plak gigi. Berikut sejumlah cara menghilangkan karang gigi secara alami yang bisa Anda lakukan:

 

1. Rutin menyikat gigi dan menggunakan benang gigi

Menyikat gigi minimal dua kali sehari dengan pasta gigi ber-fluoride, pagi setelah sarapan dan malam sebelum tidur. Sikat gigi selama dua menit dengan teknik yang tepat terbukti ampuh membersihkan gigi dari sisa makanan dan plak gigi. Jangan lupa untuk menyikat lidah dan membersihkan sela-sela gigi menggunakan benang gigi / dental floss.

 

2. Menggunakan obat kumur antiseptik 

Obat kumur atau mouthwash dapat mencegah penumpukan plak pada gigi. Cairan antiseptik yang terkandung di dalamnya dapat membantu membersihkan hingga ke sela-sela gigi yang tidak terjangkau sikat gigi. Namun, perlu diingat bahwa penggunaan obat kumur tidak dapat menggantikan pembersihan dengan sikat gigi dan benang gigi. Pemilihan jenis obat kumur juga perlu diperhatikan. Hindari menggunakan obat kumur yang mengandung alkohol, atau obat kumur dengan kandungan chlorhexidine dalam jangka waktu lama. Ada baiknya Anda berkonsultasi terlebih dahulu dengan dokter gigi Anda untuk pemilihan jenis obat kumur dan durasi pemakaian yang dibutuhkan, agar dapat disesuaikan dengan kondisi mulut Anda.

 

3. Perbanyak konsumsi air putih

Mengonsumsi air putih dapat meningkatkan produksi air liur. Air liur dapat berfungsi sebagai self-cleansing, yaitu meluruhkan sisa-sisa makanan yang menempel di permukaan gigi. Air liur juga dapat membantu mencegah bakteri penyebab infeksi mulut berkembang. Jangan lupa untuk selalu berkumur dengan air putih setelah makan dan minum minuman selain air putih.

 

4. Konsumsi makanan tinggi serat dan rendah gula

Rutin mengonsumsi buah dan sayur bisa menjadi salah satu cara alami menghilangkan plak gigi. Makanan yang mengandung tinggi serat dapat membantu sistem self-cleansing dalam mulut. Selain itu, buah dan sayur banyak mengandung vitamin dan mineral yang baik untuk kesehatan gigi dan mulut.

 

5. Mengunyah permen karet bebas gula 

Selain makan makanan yang berserat, mengunyah permen karet bebas gula juga dapat membantu membersihkan gigi dari plak dan sisa makanan. Selain itu, mengunyah permen karet juga dapat meningkatkan produksi air liur serta menetralkan pH mulut, sehingga dapat mencegah terjadinya kerusakan gigi.

 

6. Hindari kebiasaan merokok

Kebiasaan merokok ternyata bisa menyebabkan terjadinya karang gigi lebih cepat, dibandingkan mereka yang tidak merokok. Asap rokok yang panas dapat menghambat produksi air liur, sehingga sistem self-cleansing mulut tidak maksimal. Zat rokok juga menyebabkan noda / stain pada gigi, sehingga memudahkan terbentuknya plak dan karang gigi.

 

7. Gunakan baking soda

Menyikat gigi dengan baking soda adalah salah satu alternatif untuk membersihkan dan mencerahkan warna gigi. Sebuah penelitian menemukan bahwa pasta gigi yang mengandung soda kue, terbukti lebih efektif mengurangi jumlah plak. Selain itu, baking soda juga dapat menetralkan pH atau asam didalam mulut, sehingga dapat mencegah gigi berlubang.

 

8. Minyak Kelapa

Cara alami untuk menghilangkan plak sebelum berujung pada karang gigi adalah dengan menggunakan minyak kelapa. Minyak kelapa dikenal sangat ideal karena memiliki kandungan antiinflamasi dan antioksidan. Selain itu, minyak kelapa mengandung asam laurat, asam lemak dengan sifat antimikroba. Dari hasil sebuah penelitian, kandungan tersebut mampu mengurangi plak gigi. Untuk mendapatkan manfaat ini, Anda cukup berkumur dengan satu sendok makan minyak kelapa murni selama 5-10 menit.

 

9. Rutin dental check-up dan membersihkan karang gigi ke dokter gigi

Kunjungan ke dokter gigi sebaiknya bukanlah pada saat Anda mengalami keluhan gigi. Anda perlu melakukan dental check-up dan pembersihan karang gigi minimal 6 bulan sekali. Bila karang gigi sudah terlanjur menebal dan menumpuk, maka tidak ada cara lain yang lebih efektif untuk menghilangkannya selain pergi ke dokter gigi. Dokter gigi akan menggunakan alat khusus bernama ultrasonic scaler untuk merontokan karang gigi. Prosedur ini sangat aman dan tidak akan mengikis permukaan gigi. Durasi dan biaya pembersihan karang gigi tergantung dari tingkat keparahan karang yang terbentuk. Karena itu, sebaiknya lakukan pembersihan karang gigi secara rutin.

Itulah cara-cara alami untuk mencegah dan menghilangkan karang gigi. Bila telanjur muncul, cara terbaik yang disarankan untuk membersihkan karang gigi adalah dengan menemui dokter gigi setiap enam bulan sekali.

 

Information

HAPPY DENTAL CLINIC memiliki 25 cabang yang tersebar di Jakarta, Tangerang, Cibubur, Bekasi, Bandung, Batam, Denpasar, Makassar.

Buka setiap hari :

Senin - Minggu : 10:00 WIB - 22:00 WIB

*Khusus untuk cabang One Belpark buka pukul 10:00 WIB - 21:00 WIB

WhatsApp-Button