fbpx

Blog

Apa Bedanya Kawat Gigi Lepasan dan Kawat Gigi Cekat? Selengkapnya

Apa Bedanya Kawat Gigi Lepasan dan Kawat Gigi Cekat? Selengkapnya

Susunan gigi yang baik tidak hanya mendukung kesehatan mulut, tetapi juga mempengaruhi kualitas hidup.

Perawatan kawat gigi (orthodonti) dapat menambah estetika wajah dengan merubah susunan gigi menjadi ideal, memperbaiki pengunyahan, mengurangi resiko gigi berlubang dan infeksi gusi, serta mencegah terjadinya masalah sendi rahang. Berikut ini merupakan jenis-jenis perawatan orthodonti:

 

Orthodonti Lepasan

  1. Alat ortho yang dapat dilepas-pasang secara mandiri tanpa bantuan dokter gigi. Pada anak-anak, perawatan behel lepasan bertujuan untuk mencegah / memperbaiki gigi berjejal ringan, untuk mencegah perawatan yang lebih kompleks di kemudian hari.
  2. Clear aligner juga merupakan alat orthodonti lepasan dengan bentuk transparan yang saat ini populer digunakan untuk mengatasi gigi berjejal ringan. Behel jenis ini merupakan jenis yang paling estetik dan bisa dilepas pasang secara mandiri oleh pemakainya. 

 

Orthodonti Cekat

  1. Kawat Gigi Metal
    Perawatan orthodonti ini diindikasikan untuk remaja dan dewasa, ketika semua gigi susu telah tanggal. Alat orthodonti dilekatkan langsung pada gigi sehingga tidak dapat dilepas-pasang tanpa bantuan dokter gigi. Sistem pergerakan yang dihasilkan lebih baik bila dibandingkan dengan alat orthodonti lepasan, sehingga dapat memperbaiki kasus gigi berjejal yang lebih parah. Berikut adalah jenis-jenis
  2. Kawat Gigi Cekat
    Merupakan jenis kawat gigi konvensional dan paling ekonomis. Logam (bracket) yang ada pada masing-masing gigi akan dihubungkan dengan karet elastis (elastic band) dan kawat khusus untuk memberikan tekanan untuk menggerakkan gigi.
  3. Kawat Gigi Sapphire
    Kawat gigi dengan logam bracket yang terbuat dari bahan yang sama kuat dengan metal, namun memiliki warna transparan sehingga lebih baik dari segi estetik dan menambah kepercayaan diri.
  4. Kawat Gigi Damon
    Merupakan kawat gigi yang tidak menggunakan karet elastis, melainkan menggunakan klip kecil khusus pada masing-masing bracket. Selain lebih tahan lama dibandingkan kawat gigi konvensional, pemakainya juga tidak perlu sering kontrol ke dokter gigi. Terdapat 2 jenis damon:
    • Damon Metal
    • Damon Clear: berwarna transparan sehingga lebih estetik

 

Perawatan kawat gigi memang dibutuhkan untuk merapihkan susunan gigi, namun dibutuhkan pula ketelatenan untuk membersihkannya. Hal ini dikarena penggunaan kawat gigi meningkatkan resiko penumpukan plak dan sisa makanan yang dapat menyebabkan radang gusi dan gigi berlubang. Alat yang dibutuhkan yaitu sikat gigi dengan bulu sikat halus dan alat pembersih sela gigi berupa sikat khusus (berbentuk seperti sikat botol mini) dan benang gigi. 

Selain cara menjaga kebersihan yang tepat, pengguna kawat gigi juga harus memerhatikan makanan yang akan dikonsumsi. Makanan tertentu dapat menyebabkan behel menjadi longgar atau bahkan terlepas. Berikut makanan yang sebaiknya dikurangi / dihindari bila Anda menggunakan kawat gigi:

  • Makanan yang alot atau sulit untuk dikunyah sebaiknya dipotong kecil-kecil terlebih dahulu agar mudah dikunyah
  • Makanan yang lengket seperti karamel, marshmallow, onde, dll
  • Jagung yang langsung dari bonggolnya
  • Kacang-kacangan yang keras
  • Menggigit es batu
  • Mengunyah permen karet

 

Pastikan perawatan kawat gigimu dilakukan oleh dokter gigi yang professional dan berlisensi. Pemasangan kawat gigi yang salah dapat menyebabkan susunan gigi menjadi berantakan dan menyebabkan masalah pada sendi rahang. Masih bingung dalam memilih jenis kawat gigi? Jangan ragu untuk mengonsultasikannya ke dokter gigi. Dokter gigi akan merekomendasikan jenis dan bahan kawat gigi yang sesuai dengan kebutuhan Anda.

 

Information

HAPPY DENTAL CLINIC memiliki 25 cabang yang tersebar di Jakarta, Tangerang, Cibubur, Bekasi, Bandung, Batam, Denpasar, Makassar.

Buka setiap hari :

Senin - Minggu : 10:00 WIB - 22:00 WIB

*Khusus untuk cabang One Belpark buka pukul 10:00 WIB - 21:00 WIB

WhatsApp-Button